Tuesday, March 8, 2016

Bagaimana Cara Menghapus Link Artikel Yang Telah Terindeks Oleh Google ?



Halo sobat blogger! :) Kembali lagi kita manfaatkan fasilitas yang terdapat pada Google Webmaster, dimana fitur ini dapat digunakan untuk menghapus link URL yang telah terindeks oleh Google.

Mengapa link URL yang telah terindeks ingin dihapus?

Sebenarnya terdapat beberapa alasan kenapa sebuah link URL ingin dihapus oleh para webmaster yang sedang berjibaku dalam mengelola blog-nya, diantaranya adalah :

  • Ditemukannya Broken Link dari tautan yang terdapat pada halaman pencarian Google. Biasanya ketika tautan atau link tersebut kita klik, maka akan mengarah kepada halaman 404 atau pencarian halaman yang tidak ditemukan. Tentu hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja blog anda karena robotik Google akan menilainya sebagai link yang bermasalah.
  • Memang artikel tersebut telah dihapus oleh sobat blogger, namun link URL sudah terlanjur di indeks oleh Google, maka seharusnya kita hilangkan tautan tersebut pada halaman pencarian Google.
  • Broken Link dapat terjadi ketika kita mengganti atau memindahkan domain asal ke domain baru, dan menyebabkan seluruh artikel berikut halaman yang telah terindeks akan menjadi bermasalah. Biasanya hal ini diantisipasi oleh para webmaster dengan menggunakan redirect domain.
  • Merubah nama pada link URL, yang harus diketahui oleh sobat blogger terhadap sebuah link URL yang kita ganti namanya, meskipun hanya terdapat perbedaan pada huruf besar dan kecil itu akan berpengaruh pada tautan tersebut.
Misalnya :

http://www.tipsbygoogle.blogspot.com/2016/03/Bagaimana-Cara-Menghapus-Link-Artikel-Yang-Telah-Terindeks-Oleh-Google.html

kita ganti menjadi :

http://www.tipsbygoogle.blogspot.com/2016/03/bagaimana-cara-menghapus-link-artikel-yang-telah-terindeks-oleh-google.html

Hal ini akan menyebabkan URL yang telah terindeks menjadi broken link. Oleh karena itu sobat blogger harus selalu memperhatikan link URL yang nantinya akan digunakan ketika sebuah artikel atau halaman siap untuk diposting dan tidak memerlukan perubahan di kemudian hari.

Menghapus link artikel yang telah terindeks Google

Dengan catatan proses ini dapat dilakukan jika anda telah mendaftarkan situs atau blog anda pada Google Webmaster.

1) Silahkan login menggunakan akun Google anda dan masuk ke halaman Google Webmaster.

2) Pada halaman Google Webmaster tampilan Dashboard sebelah kiri, pilih menu Perayapan kemudian Kesalahan Perayapan. Maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini :

Memperbaiki kesalahan perayapan link URL yang tidak ditemukan
Memperbaiki kesalahan perayapan link URL yang tidak ditemukan

3) Selanjutnya kita lihat pada bagian bawah halaman tersebut, kita dapat melihat daftar link URL yang error atau yang telah berhasil di indeks oleh Google namun mengalami kesalahan URL dalam perayapan robotik mereka.

Sebagai contoh, kita akan menghapus link URL yang ditandai dengan kolom merah sebagai berikut :

Pilih link URL yang akan dihapus
Pilih link URL yang akan dihapus

4) Kemudian silahkan klik pada tautan tersebut yang akan kita hapus, maka akan muncul jendela PopUp seperti di bawah ini :

Link URL yang tidak ditemukan
Link URL yang tidak ditemukan

Silahkan klik pada tautan diatas, yang ditandai dengan kolom merah. Nanti browser anda akan membuka tab baru sesuai dengan link URL yang bermasalah tersebut.

Halaman error 404
Halaman error 404

5) Sekarang anda masuk ke halaman Google Webmaster untuk menghapus URL tersebut, pada Dashboard silahkan pilih menu Google Indeks (No.1) kemudian Hapus URL (No.2). Selanjutnya klik tombol Sembunyikan Sementara (No.3). Lihat gambar di bawah ini :

Masukan link URL untuk dihapus
Masukan link URL untuk dihapus

Setelah muncul kotak kosong untuk memasukan URL artikel anda, silahkan masukan hanya bagian nama artikel saja karena untuk alamat blog tidak perlu di input kembali.

Contoh :

http://www.namabloganda.blogspot.com/2015/06/terminator-5-terminator-genesis-2015.html

maka yang perlu anda masukan hanya pada tulisan yang dicetak tebal saja.

Kemudian pilih Terus (No.4).

6) Berikutnya akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini :

Menu pilihan penghapusan link URL
Menu pilihan penghapusan link URL

Akan terdapat tiga pilihan dalam penghapusan link URL tersebut, biasanya saya sendiri selalu memilih yang pertama yaitu "sembunyikan laman dari hasil penelusuran dan hapus dari cache untuk sementara" (No.1). Selanjutnya pilih Kirim Permintaan (No.2).

7) Pada kolom bawah akan muncul link URL yang kita hapus dengan status tertunda, proses ini akan berlangsung dengan memakan waktu selama beberapa hari, sampai pihak Google benar-benar menghapus link URL tersebut pada halaman pencarian Google.

Proses penghapusan link URL dengan status tertunda
Proses penghapusan link URL dengan status tertunda

8) Selanjutnya kita kembali lagi pada halaman dengan jendela PopUp seperti dibawah ini :

Proses link URL telah diperbaiki
Proses link URL telah diperbaiki

Kemudian pilih tombol Telah Diperbaiki.

Nanti akan muncul jendela PopUp baru dengan tampilan seperti di bawah ini :

Link URL telah diperbaiki
Link URL telah diperbaiki

Dan pilih Oke.

Kemudian pada halaman daftar link URL yang error kita dapat melihat, link yang telah kita hapus tersebut akan menghilang.

Proses tersebut diatas dapat kita lakukan berulang hingga seluruh link URL yang bermasalah dapat kita hapus. Dan jangan lupa lakukan juga terhadap daftar kesalahan perayapan Ponsel/smartphone.

Memperbaiki kesalahan perayapan link URLpada perangkat ponsel
Memperbaiki kesalahan perayapan link URLpada perangkat ponsel

Berikut diatas adalah langkah-langkah atau proses untuk menghapus link artikel yang telah terindeks oleh Google dengan memanfaatkan fasilitas Google Webmaster.

Jika sobat blogger memiliki pengalaman atau langkah-langkah tersendiri dalam menghapus link URL yang telah terindeks oleh Google, silahkan memberikan saran dan komentar pada kolom di bawah ini.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi pembaca sekalian.

17 comments

terima kasih semoga bermanfaat :-)

sama-sama :), terima kasih sudah berkunjung

Thanks bisa dicoba, meskipun masih kurang pas dengan masalah saya, tapi alhamdulillah dengan adanya artikel ini, bisa sangat membantu.terima kasih.

Menurut saya cara ini tidak efektif karena walaupun telah di hapus suatu saat akan muncul kembali, ntah bagaima cara mengatasinya aku jg bingung :(

Kenapa url punya saya yang telah aku hapus muncul lagi ya?
ada yang tau penyebabnya?

terima kasih admin atas infonya. Artikel ini sangat membantu saya mengatasi kesalahan perayapan 404..

sama-sama, terima kasih telah berkunjung :)

Kalau url yang mau dihapus dari indexan google gk dirubah gimana?
misal halaman page yang sudah terlanjur terindex mau kita hilangkan indexan nya dari google search itu gimana? tanpa menghapus page ataupun meredirect tentunya. Mohon pencerahannya

Bagaimana ya cara untuk menghapus link pencarian di google agar tidak muncul LG di google? Mohon tanggapannya min

Bagaimana cara menghapus link pencarian di google agar tidak muncul kembali gan?

Bagaimana cara menghapus link pencarian di google agar tidak muncul kembali gan?

Sangat bermanfaat mas terima kasih banyak. Tapi kayaknya butuh waktu juga padahal sudah di hapus


EmoticonEmoticon