Saturday, March 5, 2016

Tips Sederhana Meningkatkan Kunjungan Terhadap Sebuah Artikel

Tags


Halo sobat blogger, kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam meningkatkan kunjungan terhadap sebuah artikel yang jarang dikunjungi, dilihat atau bahkan dilirikpun tidak pernah :). Bagaimana perasaan anda jika artikel yang dengan susah payah telah kita buat, terlebih memang hasil karya sendiri atau bukan merupakan sebuah duplikat dari artikel lain, namun sangat jarang dibaca oleh pengunjung?

Memang saya sendiri belum memahami apa dampak dari sebuah artikel yang jarang dikunjungi pada sebuah blog atau website. Mungkin para pembaca dapat memberikan informasi atau saran pada kolom komentar dibawah.

Pada dasarnya ketika sebuah artikel banyak dibaca oleh para pengunjung, tentu akan meningkatkan jumlah traffic pada blog yang sobat kelola. Terlebih dengan konten isi pada artikel tersebut memiliki kualitas yang bagus dan sangat diapresiasi oleh pembaca, tentu akan membuat pengunjung kembali lagi dan menantikan update artikel selanjutnya. Namun yang harus diperhatikan adalah peningkatan bounce rate yang tidak baik jika artikel yang dibuat kurang menarik dan membosankan, tentu pengunjung hanya akan melihat sekilas dan langsung meninggalkan blog anda.

Berikut ini adalah tips sederhana yang pernah dilakukan oleh penulis untuk meningkatkan kunjungan terhadap sebuah artikel yang sangat jarang dilihat oleh pengunjung, dengan catatan artikel yang dibuat telah memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Judul artikel yang menarik minat pembaca.
  2. Artikel sudah dibuat dengan sangat baik dan bukan merupakan duplikat konten (tulisan sendiri).
  3. Jumlah tulisan yang dibuat lebih dari 500 kata atau lebih dari 1000 kata (karena akan bernilai lebih baik).
  4. Menampilkan gambar yang tidak memiliki hak cipta.
  5. Memiliki keywords yang mengarah dengan baik terhadap artikel tersebut.
  6. Artikel sudah di daftarkan pada Google Webmaster dan sitemap telah di indeks oleh mesin pencari.
Berdasarkan poin no.6 di atas, silahkan baca juga artikel Cara Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Google.

Sekarang jika beberapa poin di atas sudah dilakukan dengan baik, namun artikel masih tetap sepi dari pengunjung. Ini adalah yang penulis lakukan berdasarkan pengalaman namun terbukti dapat meningkatkan pembaca pada sebuah artikel.

Menukar judul pada Artikel Populer (Popular Post) dengan Artikel Terbaru (Recent Post)

Seringkali seorang pengunjung akan lebih tertarik untuk melihat artikel pada tab atau widget artikel populer dibandingkan dengan melihat artikel yang terdapat pada kolom artikel terbaru. Tidak ada salahnya jika anda merubah posisi judul pada kedua kolom tersebut, sehingga pengunjung akan sedikit terkecoh untuk membaca artikel tersebut. Tapi pada dasarnya bukan memiliki tujuan untuk menipu ya hehe :).

Tukar judul pada kolom artikel populer dengan artikel terbaru
Tukar judul pada kolom artikel populer dengan artikel terbaru

Selain cara di atas anda bisa menambahkan widget random post, karena dengan widget tersebut akan menampilkan beberapa artikel secara acak.

Menambahkan link aktif pada artikel yang banyak dikunjungi

Salah satu cara lagi yang sering penulis lakukan adalah dengan memberikan link aktif pada artikel yang telah banyak atau paling sering dikunjungi oleh pembaca. Cara ini biasanya penulis lakukan dengan melakukan update pada isi artikel yang telah banyak dikunjungi.

Dengan catatan link aktif judul artikel yang dicantumkan harus memiliki keterkaitan dengan artikel yang banyak dikunjungi tersebut.

Memanfaatkan fasilitas featured post atau entri unggulan dari Google

Fitur ini boleh dibilang merupakan fitur terbaru yang dikeluarkan oleh Google blogspot, dimana fitur featured post ini berfungsi untuk menampilkan sebuah artikel yang ingin kita tampilkan secara khusus. Sayangnya fitur ini hanya dapat menampilkan satu artikel saja, namun hal ini sudah sangat cukup membantu dalam meningkatkan artikel yang sangat kurang memiliki traffic kunjungan dan sangat tersembunyi dari arsip blog.

Berikut ini adalah cara menggunakan widget featured post :

  • Silahkan masuk ke halaman blogger anda.
  • Pilih Tata Letak kemudian Tambahkan Gadget.
  • Selanjutnya pilih widget Entri yang diunggulkan atau lihat pada gambar yang diberi kotak merah dibawah ini.
Widget featured post entri yang diunggulkan
Widget featured post entri yang diunggulkan
  • Kemudian anda akan diarahkan ke halaman konfigurasi widget. Silahkan berikan judul sesuai keinginan anda pada kolom yang ditandai dengan no.1, kemudian pada kolom Pilih entri unggulan (no.2 dan no.3) pilih label dan judul satu buah artikel yang ingin anda tampilkan secara khusus. Terakhir Simpan (no.4).
Konfigurasi widget featured post entri yang diunggulkan
Konfigurasi widget featured post entri yang diunggulkan

Anda bisa melihat bentuk pratinjau widget featured post yang nantinya akan di tampilkan pada halaman blog anda. Dan silahkan atur untuk penempatan widget tersebut agar terlihat menarik oleh pengunjung blog atau website anda.

Demikian adalah beberapa tips yang dapat saya berikan untuk meningkatkan kunjungan terhadap sebuah artikel yang memang sangat jarang dikunjungi oleh pembaca anda.

Jika para sobat blogger memiliki cara atau pengalaman lain dalam meningkatkan kunjungan terhadap artikel yang telah di posting, silahkan berbagi informasi tersebut pada kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

2 comments


EmoticonEmoticon