Thursday, March 24, 2016

Menonaktifkan fitur pelacakan tayangan halaman sendiri

Tags


Seorang pengunjung yang mengakses blog anda melalui sebuah browser baik itu dari komputer atau  perangkat lainnya ketika melihat halaman blog disebut dengan istilah pageviews. Dan pada saat ini terjadi, Google atau blogspot akan secara otomatis menilainya sebagai sebuah kunjungan atau tampilan pada masing-masing halaman tersebut.

Sobat blogger tentu akan merasa senang jika blog kita memiliki banyak sekali jumlah pageviews sehingga kita beranggapan peringkat blog akan meningkat. Namun sebaiknya jangan senang dulu, karena meskipun sobat blogger sebagai admin dan ketika anda mengakses blog sendiri dengan menggunakan browser yang biasa digunakan untuk mengedit dan posting artikel hal tersebut akan secara otomatis menambah pageviews blog anda.

Oleh karena itu, sebaiknya sobat menonaktifkan fitur pelacakan tayangan halaman sendiri dengan cara seperti di bawah ini :

1) Silahakan masuk ke halaman admin blogspot anda.

2) Lihat gambar di bawah ini :

Mengelola pelacakan tayangan halaman anda sendiri
Mengelola pelacakan tayangan halaman anda sendiri

Silahkan pilih pada menu Dashboard Statistik > Ikhtisar, kemudian anda klik pada tulisan Mengelola pelacakan tayangan laman anda sendiri (yang diberi kotak merah).

3) Kemudian sobat akan diarahkan ke halaman menonaktifkan fitur pelacakan halaman, dan silahkan berikan centang seperti gambar di bawah ini :

Menonaktifkan fitur pelacakan sendiri
Menonaktifkan fitur pelacakan sendiri
Selesai.

Memperbaiki eror pada fitur pelacakan tayangan halaman sendiri

Fitur ini biasanya tidak dapat berfungsi ketika kita merubah domain blogspot menjadi TLD (Top Level Domain) seperti .com .net .id dll. Karena jika sobat mengakses link Mengelola pelacakan tayangan laman anda sendiri akan muncul seperti gambar di bawah ini :

Halaman fitur pelacakan eror setelah merubah domain
Halaman fitur pelacakan eror setelah merubah domain
Untuk memperbaiki hal tersebut terdapat alternatif yang dapat dilakukan agar anda masih dapat menonaktifkan fitur pelacakan halaman sendiri tersebut dengan cara meng-copy script dibawah ini pada address bar browser anda :

www.namadomainanda.com/b/statsBlockingCookie?action=SET&callback=__gwt_jsonp__.P2.onSuccess

Silahkan ganti www.namadomainanda.com dengan nama domain sobat, jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Berhasil menonaktifkan halaman fitur pelacakan setelah merubah domain
Berhasil menonaktifkan halaman fitur pelacakan setelah merubah domain
Catatan :

  • Jika anda sebagai admin mengakses dengan beberapa browser, silahkan lakukan cara di atas terhadap masing-masing browser tersebut.
  • Terkadang jika kita telah melakukan pembersihan cookies browser baik secara manual ataupun dengan menggunakan software pembersih history browser, pelacakan tayangan halaman sendiri akan kembali non-aktif. Maka silahkan dilakukan kembali cara tersebut.
Semoga bermanfaat.

3 comments

senang bisa berkunjung di rumah tips by google. pencerahan yang bermanfaat makasih tuan


EmoticonEmoticon