Tuesday, March 15, 2016

Cara membuat akun email Google (Gmail)



Sebuah email pada saat ini bisa dibilang menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk berbagai keperluan sehari-hari. Karena tingkat interaksi dengan sebuah teknologi yang terus berkembang terutama kebutuhan akses menggunakan internet, menjadikan sebuah alamat email sebagai fasilitas yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Berikut ini beberapa manfaat memiliki email :

  • Sebuah hal yang umum kita dapat saling mengirim surat, gambar atau file lainnya melalui email. Karena memang fungsi dasar fitur ini dibuat dan bersifat lebih pribadi atau rahasia.
  • Beberapa fitur smartphone, seperti Android mewajibkan kita untuk memiliki email agar dapat mengunduh aplikasi dan memanfaatkan fasilitas lainnya.
  • Dapat digunakan sebagai alamat atau nomor rekening dalam pembayaran e-wallet contoh PayPal.
  • Digunakan untuk mendaftar atau registrasi di berbagai situs yang sering kita kunjungi, terutama jika kita ingin menjadi member di situs tersebut.
  • Alamat email saat ini banyak dibutuhkan untuk fasilitas perbankan, misalnya jika kita ingin menggunakan fitur internet banking.
  • Dan masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh jika kita memiliki email diluar yang saya sebutkan diatas. Namun sebaiknya penggunaan email ini juga anda gunakan secara bijak, atau dengan maksud tanpa merugikan pihak lain.
Banyak sekali perusahaan penyedia fasilitas pembuatan email secara gratis diantaranya Google (Gmail), Microsoft (Outlook atau Hotmail), Yahoo (Ymail atau Rocketmail), dll. Jadi tidak ada salahnya jika anda memiliki salah satu atau masing-masing satu dari penyedia pembuatan email tersebut.

Pada kesempatan ini saya akan membahas cara membuat email pada Gmail yang merupakan salah satu fasilitas dari Google, mungkin dari anda pernah mendengar kalimat atau cuplikan "Satu Akun Untuk Seluruh Google" atau mungkin dengan istilah lainnya. Ya! Cuplikan kalimat diatas memiliki maksud, dengan satu buah akun di Google berupa alamat email dengan biodata lengkap, maka anda berhak menikmati segala fasilitas yang dimiliki oleh perusahaan ini. (mungkin berbagai fasilitas tersebut tidak perlu saya utarakan dalam bahasan kali ini).

Langkah-langkah membuat akun Gmail :

1) Silahkan masuk ke halaman utama Gmail atau ke tautan berikut ini www.gmail.com dengan alamat lengkapnya https://www.google.com/intl/in/mail/help/about.html, nanti anda akan diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini :

Tampilan halaman utama Gmail
Tampilan halaman utama Gmail

Kemudian pilih Buat Akun yang tedapat di pojok kanan atas gambar.

2) Anda akan dihadapkan dengan halaman pengisian biodata pengguna, seperti dibawah ini :

Halaman pengisian biodata pengguna
Halaman pengisian biodata pengguna

Keterangan :

Nama : silahkan isi dengan nama lengkap anda.

Pilih nama pengguna anda : alamat email yang nantinya dapat anda gunakan setelah pendaftaran berhasil diselesaikan.

Buat sandi : maksudnya adalah membuat password yang selalu akan anda gunakan ketika masuk menggunakan alamat email tersebut.

Konfirmasi sandi anda : masukan kembali password yang sama, sesuai dengan yang di isi pada kolom "Buat sandi".

Tanggal lahir : isi sesuai dengan tanggal lahir anda, dengan urutan format Tahun, Bulan dan Tanggal.

Gender : status kelamin anda.

Ponsel : biasanya akan muncul bendera Indonesia dan kode telepon negara +62, jika anda mendaftar dengan IP yang terdeteksi dari Indonesia. Kemudian tambahkan dengan nomor handphone anda tanpa diawali dengan angka 0.

Nomor ponsel ini sebaiknya nomor yang memang aktif atau sering anda gunakan dalam komunikasi sehari-hari, karena terkadang digunakan untuk menerima pesan verifikasi dari pihak Google. Atau jika anda memang menggunakannya untuk verifikasi keamanan 2 arah (yaitu password email  dan kode verifikasi dari Google yang dikirim setiap kali melakukan login pada email anda).

Alamat email anda saat ini : kolom ini di isi jika anda memiliki alamat email selain dari Google, jika tidak ada kosongkan saja.

Lokasi : sesuaikan dengan lokasi negara anda.

Setelah daftar diatas terisi semua, selanjutnya centang pada kalimat "saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi Google". Dilanjutkan dengan klik pada Langkah berikutnya.

Maka anda akan diarahkan dengan tampilan selamat datang dari Gmail, seperti di bawah ini :

Tampilan selamat datang registrasi pendaftaran Gmail telah berhasil
Tampilan selamat datang registrasi pendaftaran Gmail telah berhasil

Silahkan lanjutkan dengan klik pada tombol Lanjutkan ke Gmail.

3) Berikut adalah tampilan halaman login selamat datang jika anda pertama kali membuka email yang baru mendaftar.

Tampilan pertama kali login Gmail
Tampilan pertama kali login Gmail

Berikut di atas adalah langkah-langkah untuk mendaftar atau memiliki akun email di Google, sangat mudah bukan?!

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon