Saturday, August 27, 2016

Google Duo Aplikasi Video Call Yang Handal



Google telah meluncurkan sebuah aplikasi video call baru yang bernama Google Duo. Tidak terlalu rumit seperti Skype, pengguna hanya tinggal mendaftarkan nomor handphone dan kemudian dapat melakukan panggilan video secara gratis. Aplikasi ini dapat dijalankan pada platform Android dan iOs.

Google Duo Aplikasi Video Call Yang Handal
Google Duo Aplikasi Video Call Yang Handal

Ini merupakan aplikasi video call one-to-one yang diluncurkan oleh Google untuk menyaingi Apple FaceTime (yang dibuat untuk semua perangkat iPhone, iPads dan Mac) dan tentu saja hanya tersedia untuk pengguna smartphone. Namun aplikasi ini tidak dapat digunakan video conference yang lebih lengkap seperti Microsoft Skype atau Google Hangouts.

Google sendiri menyebut aplikasi ini sebagai "knock knock" karena berfungsi seperti sedang berkunjung kerumah orang lain dan mengetuk pintu rumah mereka. Atau dengan kata lain jika kita melakukan panggilan video call kepada seseorang, maka harus dipastikan orang tersebut telah menerima panggilan kita terlebih dahulu (akan muncul icon one-tap-call), maka proses video call dapat digunakan.

Aplikasi dengan tampilan yang simpel dan mudah digunakan

Para pengguna smartphone enggan menggunakan video call karena mereka tidak tahu apakah rekan atau teman mereka sedang dalam kondisi jaringan yang bagus, memiliki aplikasi yang sesuai atau waktu yang pas untuk melakukan panggilan. Atas dasar tersebut Google membuat aplikasi ini, jadi orang yang dihubungi bisa menerima atau menolak panggilan tersebut kapan saja. Dan aplikasi ini begitu sederhana untuk digunakan.

Aplikasi ini dibuat oleh salah satu perusahaan pertama yang mengizinkan penggunanya tanpa harus memiliki akun Google, jadi tidak perlu repot mendaftarkan identitas serta nomor telepon pada akun Gmail. Aplikasi ini mengikuti tren seperti aplikasi Facebook Messenger atau WhatsApp, karena pengguna tidak perlu membuat userID baru atau sebuah PIN, namun hanya menggunakan nomor telepon pengguna. Karena setiap orang pada umumnya sudah pasti memiliki nomor telepon, tapi belum tentu memiliki sebuah akun pada aplikasi tertentu. Ini yang menjadikan Google Duo lebih mudah digunakan.

Aplikasi yang cepat dan handal

Kita semua tentu merasa jengkel ketika gagal dalam melakukan panggilan terutama video call atau kondisi dimana resolusi video tidak bagus dan terputus-putus. Google berusaha membangun Duo untuk menjadi cepat dan terpercaya, sehingga panggilan video dapat terhubung dengan baik bahkan pada koneksi jaringan yang lambat. Kualitas video panggilan akan menyesuaikan terhadap perubahan kondisi jaringan untuk membuat pengguna tetap terhubung (ketika bandwidth terbatas). Duo akan menurunkan resolusi gambar untuk menjaga panggilan tetap berjalan lancar. Ketika melakukan video call dimanapun, Duo dapat beralih antara Wi-Fi dengan data seluler atau sebaliknya secara otomatis tanpa menghentikan proses percakapan penggunanya.

Demikian sedikit informasi terbaru dari Google, yang telah meluncurkan aplikasi terbarunya untuk mempermudah kita dalam melakukan video call dengan orang lain. Kini anda dapat men-download aplikasi ini di Google Play Store.

Download Google Duo di Play Store
Download Google Duo di Play Store

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon